Suntik Vaksin yang Harus Diberikan untuk Mencegah Penyakit

  • Whatsapp
Suntik-Vaksin-yang-Harus-Diberikan-untuk-Mencegah-Penyakit
Foto dari canva Photos Unlimited

Suntik vaksin adalah proses penyuntikan mikroorganisme ke dalam tubuh, mikroorganisme yang disuntikan tentunya sudah dilemahkan atau dibunuh. Vaksin sendiri memiliki fungsi sebagai pencegahan agar Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Macam-Macam Vaksin

Vaksin tak hanya diberikan pada anak-anak dan bayi, orang dewasa pun juga membutuhkan vaksin. Ada 5 jenis vaksin yang wajib diberikan untuk mencegah penyakit. Nah, apa saja itu? Yuk kita cari tahu!

  • Vaksin Hepatitis

Vaksin hepatitis adalah vaksin yang berguna untuk mencegah penyakit hepatitis. Hepatitis sendiri terdiri dari hepatitis A, B, C, D, E dan G. Dengan kasus yang tinggi, di Indonesia vaksin hepatitis yang harus diberikan  adalah vaksin hepatitis B.

Vaksin ini tidak hanya diberikan pada anak-anak, namun juga pada orang dewasa. Pemberian vaksin ini pada anak-anak biasanya dilakukan pada saat baru lahir hingga dewasa. Untuk orang dewasa vaksin ini diberikan 3 kali setahun dengan jarak 1-6 bulan.

  • Vaksin Polio

Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan. Vaksin polio diberikan 4 kali yaitu pada saat bayi baru lahir, pada saat bayi berumur 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan.

Apabila terlambat mendapatkan vaksin polio, Anda tidak perlu mengulang dari awal lagi. Ikuti saja aturan sesuai yang ada dengan tetap melanjutkan. Jangan sampai anak Anda tidak mendapatkan vaksin polio karena penyakit polio bisa membahayakan nyawa.

  • Vaksin HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah virus yang menyerang pria dan wanita. Virus ini menyebabkan kanker serviks pada wanita, dan pada pria biasanya virus ini menyebabkan kutil kelamin. Tapi,  kebanyakan wanita lah yang terserang virus ini.

Vaksin HPV sebaiknya dilakukan pada saat masih anak-anak dengan usia 9-13 tahun. Sedangkan batasan suntik vaksin ini adalah ketika usia Anda 55 tahun. Tidak ada efek samping karena suntik vaksin HPV, namun alangkah baiknya sebelum Anda melakukan suntik vaksin lakukan pengecekan terlebih dahulu.

  • Vaksin DTP

Vaksin DTP adalah vaksin untuk mencegah penyakit difteri, tetanus dan pertusis. Pemberian vaksin ini dapat dilakukan ketika bayi berumur 2, 3 dan 4 bulan. Selain itu vaksin ini juga dapat diberikan kepada ibu hamil yang sebelumnya belum pernah mendapatkan suntikan vaksin ini.

Itulah beberapa vaksin yang wajib diberikan untuk mencegah berbagai penyakit. Anda bisa melakukan suntik vaksin di Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat. Sebelum melakukan vaksin ada baiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Ingat, jangan sampai lupa untuk melakukan vaksin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *