4 Tips Merawat Mobil Pada Masa Pandemi

  • Whatsapp
4-Tips-Merawat-Mobil-Pada-Masa-Pandemi
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Di masa pandemi seperti ini, kendaraan Anda juga mungkin menjadi jarang terpakai. Bahkan untuk melakukan service pun saat ini lebih banyak orang yang menggunakan jasa bengkel home service yang bisa dipanggil ke rumah, seperti layanan yang diberikan oleh garasi.id. Ya, pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona dan telah melanda seluruh dunia memang membuat akses setiap orang menjadi lebih terbatas.

Anda tidak bisa bebas seperti dulu untuk bepergian atau mengunjungi suatu tempat, terutama tempat-tempat publik yang banyak dikunjungi orang.

 

Merawat Mobil Pada Masa Pandemi

Namun sebenarnya seperti apakah perawatan kendaraan yang harus Anda lakukan pada masa seperti ini? Berikut beberapa perawatan yang harus Anda lakukan untuk kendaraan meski jarang digunakan.

1. Tetap melakukan perawatan service

Meskipun saat ini kendaraan Anda menjadi jarang digunakan, bukan berarti Anda bisa melupakan perawatan atau service rutin yang biasa Anda lakukan. Justru Anda harus tetap melakukan perawatan rutin untuk mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada komponen kendaraan yang terlalu jarang digunakan.

Namun di masa seperti ini Anda juga tidak bisa pergi keluar rumah untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel dan melakukan perawatan disana. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa bengkel home service. Dimana mekanik lah yang akan datang ke rumah Anda dan melakukan perawatan atau service kendaraan di rumah Anda, seperti layanan home service yang bisa Anda lakukan melalui garasi.id.

Untuk melakukan layanan ini, Anda juga bisa melakukan pemesanan secara online di http://garasi.id/home-service. Layanan ini bisa membuat Anda tetap aman di rumah dan kendaraan Anda bisa tetap terawat dengan baik dengan service rutin yang biasa dilakukan.

2. Mengecek tekanan angin pada ban

Untuk memastikan bahwa kendaraan atau mobil Anda bisa selalu berada dalam kondisi prima meskipun selalu terparkir di garasi rumah, jangan lupa untuk rutin mengecek tekanan angin pada seluruh ban mobil Anda. Jika tekanan angin pada ban tersebut Anda rasakan sudah berkurang, pastikan Anda menambahkan angin pada ban.

Pengecekan dan penambahan tekanan angin ini untuk mencegah agar ban tidak mudah rusak pada bagian-bagian tertentu meskipun mobil kini jarang digunakan, yang disebabkan oleh karena tidak seimbangnya atau tidak merata tekanan pada setiap ban. Hal ini juga ditambah distribusi beban yang tentunya tidak akan sama saat mobil diparkir dalam waktu yang cukup lama.

3. Memanaskan mesin dan menyalakan AC secara berkala

Meskipun Anda tidak membawa mobil Anda untuk bepergian kemanapun, namun Anda harus tetap rutin memanaskan mesin mobil tersebut. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada mesin pada mobil yang jarang digunakan. Untuk melakukan hal ini, Anda cukup memanaskan mesin selama dua kali seminggu saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Nyalakanlah mesin mobil sambil menginjak pedal gas dengan perlahan dan berulang kali hingga mencapai batas 2000 rpm. Lakukan hal ini di ruang terbuka. Selain memanaskan mesin dengan menyalakan mesin mobil, Anda juga perlu menyalakan AC mobil secara rutin. Misalnya saat Anda memanaskan mesin mobil tersebut.

Dengan rutin menyalakan mesin mobil, saluran AC pada mobil Anda bisa tetap bersih sehingga kondisi AC dan mesin mobil bisa tetap dalam kondisi prima meski tidak digunakan.

4. Memarkir mobil di lokasi yang beratap

Karena Anda memarkirkan mobil Anda dalam waktu yang cukup lama, maka pastikan Anda memarkirkannya pada tempat yang aman. Tempat yang aman untuk parkir mobil Anda adalah tempat yang beratap. Jika Anda memarkirkan mobil di tempat terbuka, atap mobil Anda bisa saja kotor terkena berbagai kotoran seperti kotoran burung.

Selain menghindarkan mobil dari kotoran, memarkirnya di tempat beratap juga dimaksudkan untuk mencegah cat mobil menjadi kusam karena kondisi cuaca yang berubah-ubah, mulai dari panas terik hingga hujan.

Namun pastikan juga Anda memarkirnya pada tempat beratap yang aman. Hindari memarkir mobil di bawah pohon besar. Meskipun tampak teduh dan terlindungi, namun memarkir mobil di bawah pohon besar sangat beresiko jika tiba-tiba pohon tersebut tumbang.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mobil Anda di masa seperti ini, selain melakukan service rutin yang bisa Anda lakukan melalui layanan bengkel home service.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *